Friday, December 27, 2013

Wimax Vs LTE

Okay guys, ternyata bukan anda dan kami saja yang bingung tentang teknologi Wimax, LTE (Long Term Evolusion/ 4G), diluar sana kami juga menemukan banyak artikel yang mencoba menjelaskan teknologi diatas.
Kami akan mencoba untuk menjelaskan seringkas mungkin dan tolong koreksi yah kalau ada salah, maklum kami pun sempat bingung juga. :-)
Satu hal yang mendasar, Wimax dan LTE adalah sama-sama sebuah teknologi wireless yang digunakan untuk kebutuhan data (download dan upload) yang lebih cepat dibandingkan teknologi yang sudah ada sebelumnya seperti (3G dan lainnya).
Keduanya juga merupakan masa depan internet dimana teknologi wireless akan menggantikan teknologi kabel (fiber optic, DSL dan cable) yang secara hitung-hitungan duit, akan jauh lebih murah membangun jaringan nirkabel dibandingkan kabel.


Pertanyaan yang selalu ada adalah apakah Wimax merupakan bagian dari CDMA dan LTE bagian dari GSM?
Kalau dari apa yang kami baca, WiMax adalah teknologi yang masih keluarga dengan Wi-Fi yaitu dengan protokol 802.16e yang artinya punya fungsi mirip Wi-Fi tetapi jangkauan WiMax bisa mencapai puluhan kilometer (sampai 50 km) dan lebih cepat (sampai 1 GB nantinya).
Jadi WiMax sendiri sebenarnya bisa digunakan baik untuk CDMA atau GSM atau dengan kata lain sama saja seperti sebuah ponsel yang punya fitur Wi-Fi yang saat ini ada di ponsel jenis CDMA maupun GSM.
Dan sebenarnya WiMax pun bisa masuk dalam kategori 4G karena memang WiMax bisa digunakan baik di GSM atau CDMA walaupun memang WiMax kita lihat lebih banyak digunakan oleh CDMA karena memang CDMA tidak bisa menggunakan teknologi LTE. :-)
Sedangkan LTE memang hanya bisa menggunakan jaringan GSM karena teknologi 4G ini "menumpang" di jaringan GSM yang sudah ada.
Berbeda dengan LTE, kekurangan WiMax adalah masalah biaya operasional yang lebih tinggi karena untuk menggunakan teknologi ini, sebuah operator telpon seluler harus membangun sistim sendiri (sama seperti kita taruh Wireless Router).

Mana yang lebih baik, LTE atau WiMax??
Secara teori dan keadaan saat ini, LTE/ 4G lebih menjanjikan karena selain kecepatan yang lebih baik (lihat gambar atas), implementasi 4G juga diperkirakan akan lebih cepat mengingat operator bisa mengadakan 4G lebih murah dari WiMax (bisa menumpang).
Kalau dari segi penggunaan, WiMax sepertinya akan lebih banyak penggunanya mengingat WiMax bisa digunakan di berbagai alat sama seperti alat yang ada Wi-Finya.
Semoga membantu dan apabila ada kesalahan, silahkan beritahu ke kami yah!!

Source  : http://www.otakku.com/2010/08/13/wimax-dengan-lte-bedanya-dimana-yah/

0 comments:

Post a Comment